Deep Sea Fish Oil Softgel Green World

manfaat deep sea fish oli sofgel green world untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Tinggalkan komentar

Sekilas Informasi Mengenai Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Sebagai calon bunda yang baik anda mesti mengetahui beberapa tips merawat bayi baru lahir dengan perhatian yang lebih dan juga perawatan yang ekstra.

Selamat datang disalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi green world pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Untuk kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai kesehatan yang akan meliputi seputar Tips Merawat Bayi Baru Lahir.

Kelahiran sang buah hati apalagi anak pertama tentunya sangat didambakan bagi para pasangan yang baru menikah atau yang belum mempunyai keturunan. Tentunya akan begitu menyenangkan jika kita bisa merawat dan menjaga sang buah hati kita hingga tumbuh dewasa menjadi manusia yang manfaat. Akan tetapi, bagi pasangan yang baru memiliki anak, pastinya perawatan sang bayi yang baru lahir tentu bisa menjadi masalah jika belum mempunyai ilmunya.

Bayi yang baru lahir perlu mendapatkan perhatian yang lebih dan juga perawatan yang ekstra. Hal ini karena bayi masih berada dalam kondisi yang rentan sehingga membutuhkan perawatan. Perawatan ini bertujuan agar bayi selalu dalam kondisi sehat. Jika kesehatan bayi baik maka proses tumbuh kembangnya pun akan berlangsung dengan baik. Perawatan untuk bayi yang baru lahir pun harus dilakukan secara menyeluruh, yakni mulai dari ujung rambut hingga ujung kakinya.

tips merawat bayi baru lahirMisal salah satu yang harus dilakukan adalah cara merawat kulit pada bayi baru lahir yang merupakan salah satu hal yang harus selalu dilakukan oleh bunda agar kulit bayi tetap terjaga kelembaban, kehalusan dan kelembutannya. Hal ini disebabkan karena pada kulit bayi baru lahir masih rentan dan sensitif terhadap benda-benda kasar dan berbagai unsur penyakit serta berbagai macam gangguan kulit lainnya. Terkadang ibu melupakan untuk tetap melakukan perawatan kulit bayi baru lahir, karena mereka melihat bahwa kulit pada bayi baru lahir masih sangat, halus, lembut dan terlihat masih segar sehingga tidak perlu merawat kulit bayi lagi.

Bayi baru lahir tidak membutuhkan perawatan kulit adalah anggapan yang salah, kulit bayi baru lahir justru membutuhkan perawatan kulit yang lebih teliti karena kulit bayi sangat rentan terkena biang keringat, ruam, alergi, iritasi dan lain sebagainya. Oleh sebab itu peran seorang ibu dalam menjaga kesehatan bayi khususnya kesehatan kulit sangat dibutuhkan.

Berikut ini adalah cara merawat kulit bayi baru lahir yang bisa ibu lakukan dan mungkin bisa menambah pengalaman ibu tentang bayi baru lahir.

-Bayi baru lahir yang usianya belum ada sebulan, cara merawat kulitnya cukup dengan di lap saja menggunakan washlap atau kain halus yang sudah dibasahi air dengan suhu air yang normal tanpa menambahkan apapun kedalamnya. Kain yang digunakan sebagai lap harus terbuat dari kain katun lembut dan bersih demikian pula dengan handuk yang digunakan untuk mengeringkan badan bayi. Pastikan bahwa bagian alat kelamin dan juga anus bayi terbebas dari kotoran setiap saat.
-Pada saat Ibu memandikan bayi, gunakanlah sabun khusus untuk bayi yang terbuat dari bahan herbal alami tanpa mengandung pewangi, karena hal itu justru akan membuat kulit bayi baru lahir menjadi iritasi. Jika Ibu tidak yakin dengan sabun yang digunakan maka bisa meminta rekomendasi dari dokter anak ataupun bidan. Oleskan lotion bayi setiap kali habis mandi secara perlahan. Selain hal ini bisa mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi, saat Ibu mengusap-usap kulit bayi secara lembut juga dapat meningkatkan hubungan batin antara orang tua dan bayi.
-Pilihlah pakaian yang tepat untuk sang bayi, pilih pakaian dengan bahan kattun lembut. Jika terjadi biang keringat pada kulit bayi mungkin si bayi sedikit kepanasan. Ibu bisa memberikan pakaian yang sedikit longgar. Kondisikan juga ruangan bayi agar mempunyai sirkulasi udara yang baik. Gunakanlah bedak berbahan dasar tepung jagung untuk mengatasi masalah biang keringat pada bayi. Berikan pada daerah lipatan seperti leher atau lengan. Biang keringat adalah salah satu masalah kulit yang biasa terjadi pada anak tanpa terkecuali bayi baru lahir. Namun Ibu tidak perlu khawatir karena seiring dengan berkembangnya sistem kekebalan tubuh, nantinya akan sembuh dengan sendirinya.
-Berikan pakaian yang bersih pada bayi Anda seperti baju, celana, kaos kaki, popok, sarung tangan dan lain sebagainya. Cucilah pakaian setelah digunakan dengan menggunakan sabun cair karena pada deterjen bubuk, bahan kimia yang terkandung didalamnya biasanya lebih tajam. Usahakan untuk mencuci pakaian bayi dengan tangan tanpa mesin cuci.
-Untuk menjaga kulit bayi ketika diluar rumah, Ibu bisa menggunakan tabir surya untuk bayi. Namun usahakan untuk tidak membawa bayi terlalu lama di bawah sinar matahari terlalu lama karena kulit bayi bisa mengalami iritasi atau merah-merah.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Hingga Balita

-Mengangkat Bayi
Bagi calon ibu, mengangkat bayi bukanlah sesuatu hal yang biasa untuk dilakukan, terlebih lagi jika kita belum mempunyai pengalaman mengenai bayi sedikit pun. Untuk itu berikut ini adalah cara bagaimana mengangkat bayi yang baik dan benar.

Berdiri menghadap ke arahnya, susupkan satu tangan ke bawah kepala dan lehernya, dan tangan lain ke pantat bayi.
Angkat perlahan dan lembut kearah dada, kemudian putar kepalanya ke arah lekukan siku, lalu sangga tubuhnya dengan lengan ibu. Saat meletakkannya, pegang kepala dan pantantnya. Tarik terlebih dahulu tangan dari pantat, kemudian tarik tangan yang berada di bawah kepala.

-Memandikan Bayi
Memandikan bayi merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi jika kita tidak mempunyai pengalaman sedikit pun untuk memandikan bayi, untuk itu seorang ibu perlu mengetahui dengan benar bagaimana cara memandikan bayi yang benar.

Sebelum ibu memandikan bayi, sebaiknya persiapkanlah terlebih dahulu semua keperluan mandinya, seperti handuk, sabun mandi, pakaian bayi hingga kosmetik bayi. Setelah itu siapkan air hangat (36 derajat – 37 derajat celcius) atau terasa hangat di siku tangan ibu, dan lepaskanlah baju bayi secara bertahap.

Mandikanlah bayi mulai dari daerah wajah, kepala, dada dan lainnya. Setelah itu bersihkan daerah mata dari luar ke dalam dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi. Basuhlah dari daerah kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung, dan perhatikanlah daerha lipatan. Gunakan shampo pada bagian kepala dan sabuni bagian badan bayi dengan menggunakan waslap yang telah dibasahi dengan air hangat. Setelah itu, bilaslah dengan air hingga bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut.

-Merawat Tali Pusar
Bagi bayi yang baru lahir, tentu masih mempunyai tali pusar yang menempel pada tubuhnya, untuk itu saya akan memberikan informasi bagaiman cara merawat tali pusar yang baik berikut ini.

Setelah selesai mandi, bersihkan sekeliling dan bagian dasar tali pusat dengan kain kasa yang dibasahi air, kemudian keringkan dan bungkus kembali dengan kain kasa yang baru. Daerah tali pusar harus tetap kering dan bersih, hindari menutup daerah tersebut dengan popok.

-Mengganti Popok
Mengganti popok merupakan hal mudah, tetapi juga dibutuhkan sedikit keahlian dalam menggantikannya, karena apabila tidak dibersihkan dengan benar, kulit bayi akan menjadi lecet.

-Bertanya
Jika anda baru pertama mempunyai bayi, maka janganlah untuk malu bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman atau bisa membaca-baca di forum yang ada di internet. Karena sebagian besar anda pasti masih nol dan belum mempunyai pengetahuan yang banyak.

-Berikanlah ASI
Asi adalah makanan terbaik untuk bayi, karena asi terbukti bahwa merupakan makanan terbaik untuk bayi. ASI juga dianugerahakn dari yang maha kuasa sebagai pemberian asupan untuk bayi. Serta dengan asi, sangat jauh sekali dengan kuman, serta memberikan kebutuhan gizi yang baik. Dan berikanlah asi secara rutin sampai bayi berumur 6 bulan.

-Gantilah popok bayi setiap kali basah.
Bersihkan terlebih dahulu daerah bayi yang terkena kencing dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kecil atau tissu.
Setelah kering, beri pupur pada daerah lipatan paha dan belakang agar terhindar dari kulit lecet.

-Menidurkan Bayi
Seorang bayi membutuhkan waktu tidur 16 jam sehari, dengan tidur malam yang gelisah, diselingi beberapa kali bangun. Bayi belum memiliki jadwal tidur yang tetap hingga bayi berusia 5 minggu.

Terus kunjungi situs https://deepseafishoilsoftgelgreenworld.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga : Bunga Untuk Penyemangat Bekerja

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s