Deep Sea Fish Oil Softgel Green World

manfaat deep sea fish oli sofgel green world untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pada Asam Jawa

Tinggalkan komentar

Berikut Ini Kandungan Gizi dan Nutrisi Pada Asam Jawa Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kandungan gizi dan nutrisi pada asam jawa yang biasa digunakan sebagai bumbu berbagai masakan dan bahan aneka obat tradisional.

Selamat datang di https://deepseafishoilsoftgelgreenworld.wordpress.com/ salah satu situs resmi milik alfian herbal, yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan yang akan meliputi seputar kandungan gizi dan nutrisi pada asam jawa.

Kandungan gizi dan nutrisi pada asam jawa | Rasa masam yang tajam namun nikmat memang jadi ciri khas dari asam jawa . Buah eksotis yang diyakini berasal dari Afrika ini tumbuh di pohon keluarga polong-polongan yang menjulang tinggi dan rindang, terutama di wilayah yang hangat di Asia, Meksiko, dan India. Kandungan asam jawa dipercayai punya khasiat bagi kesehatan anda. Pohon asam jawa menghasilkan buah-buah yang berbentuk polong panjang dan agak melengkung. Isi buah tersebut adalah biji berwarna cokelat kecil yang dikelilingi oleh pulpa atau pasta lengket. Kulit polongnya terlihat agak menyerupai kulit kacang hijau besar yang terlampau matang.

Di Indonesia khususnya bagi masyarakat yang hidup di desa bisa dengan mudah menemukan pohon asam karena biasanya digunakan untuk pembatas jalan dan sekaligus tumbuhan peneduh. Asam jawa dihasilkan oleh pohon yang bernama ilmiah Tamarindus indica, termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae).Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa adalah asam (Mly.), asem (Jw., Sd.), acem (Md.),asang jawa, asang jawi (berbagai bahasa di Sulawesi) dan lain-lain. Juga sampalok, kalamagi (Tagalog), magyee (Burma), ma-kham(Thai), khaam (Laos), khoua me (Kamboja), me, trai me (Vietnam), dan tamarind (Ingg.). Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak.

Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

kandungan gizi dan nutrisi pada asam jawaDi berbagai belahan dunia dimana obat tidak selalu tersedia, pengobatan penyakit dilakukan dengan menggunakan bahan apa saja yang dapat ditemukan di sekitar mereka. Di antara berbagai tanaman obat, Asam Jawa telah terbukti sangat efektif dalam mengobati gangguan pencernaan. Dalam sebuah artikel di “Journal of Human Ecology“, Asam Jawa disebutkan sebagai obat alami yang dapat membantu melawan diare, sembelit, nyeri muntah, sakit perut dan bahkan keracunan makanan.

Sebuah studi dalam “Journal of Nutrition Malaysia” menyebutkan banyak solusi lainnya yang ditawarkan oleh Asam Jawa. Beberapa manfaat Asam Jawa lainnya antara lain efektif dalam mengobati demam, sebagai sunblock untuk mengurangi efek sengatan matahari dan bahkan pernah dilaporkan bahwa Asam Jawa mampu mengobati kelumpuhan. Khasiat lainnya adalah mengobati sakit tenggorokan bila digunakan sebagai obat kumur, serta dapat digunakan untuk mengobati luka sebagai obat oles. Beragamnya manfaat asam jawa tersebut diperoleh karena buah yang satu ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur serta memiliki kemampuan untuk meningkatkan efektivitas ibuprofen.

Kaya Akan Antioksidan

Selain kandungan vitamin C dari asam jawa, terdapat antioksidan dalam bentuk lain yang bermanfaat bagi tubuh manusia yaitu Fenol. Fenol merupakan antioksidan alami yang lazim ditemui dalam buah-buahan dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut Healthy Eating for Your Heart, fenol membantu melindungi tubuh dari oksidasi radikal bebas dan membantu kesehatan dinding arteri. Penelitian dalam “Journal of Nutrition Malaysia” mencatat bahwa kadar fenol dari asam paling terkonsentrasi bila dipanaskan hingga titik didih.

Berikut kandungan gizi dan nutrisi pada asam jawa

Kandungan Nilai Satuan
Kalori 239,00 kal
Air 31,40 g
Karbohidrat 62,50 g
Kalsium 74,00 mg
Sodium 28 mg
Potasium 628 mg
Fosfor 113 mg
Protein 2,80 g
Lemak 0,60 g
Zat besi 0,60 mg
Vitamin A 30,00 SI
Vitamin B 0,34 mg
Vitamin C 3,5 mg

Cara mengolah Asam Jawa Menjadi Obat

Berikut ini adalah panduan tentang cara mengolah Asam Jawa menjadi obat tradisional seperti dijelaskan oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII-LIPI) melalui laman warintek.ristek.go.id:

Mengobati bisul

Ambil asam kawak sebesar telur burung puyuh, direndam dalam 1 gelas air sehingga mengembang, 5 iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris, gula aren untuk pemanis. Semuan dididihkan sehingga airnya tinggal setengah. Diminum 1x sehari sampai sembuh. Untuk ditempelkan: asam kawak sebesar telur burung puyuh, sedikit garam dan sedikit minyak dicampur dan dilumatkan. Tempelkan ke bisul.

Mengobati jerawat

Siapkan asam kawak sebesar telur burung puyuh, 12 helai daun sambiloto, 10 iris temulawak, kencur 5 cm, 1 sendok teh adas, 10 helai daun jintan, semua dicuci lalu lumatkan semua bahan. Beri 1 2/2 gelas air, saring dan ampasnya diperas dengan kain. Minum 3x sehari. Untuk obat luar: asam jawa diberi air bersih, diremas-remas, disaring dan airnya dipakai untuk mencuci muka menjelang tidur malam.

Gatal berupa titik-titik merah bergelembung air

8 iris temulawak (dicuci dulu sebelum diiris-iris) dan gula aren direbus dengan segelas air, sampai airnya tinggal setengah. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh, aduk sampai asam keluar sarinya. Saring, minum sekali sehari sampai sembuh.

Gatal pada bekas luka yang sudah kering

(Cara I) asam kawak dilembapkan dengan air bersih yang sudah matang, lalu digosokkan ke bekas luka yang gatal. (Cara II) 1 sendok makan penuh daun asam, sepotong empu kunyit, dicuci, dilumatkan, ditempel ke bekas luka yang gatal.

Mengatasi nyeri haid pada gadis remaja

(Cara I) 10 iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris, gula aren untuk memperbaiki rasa, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh. Aduk sampai asamnya mengembang. Saring, lalu minum sekali sehari selama seminggu sebelum haid. (Cara II) Asam kawak sebesar telur burung puyuh, 10 iris kunyit segar yang dicuci dulu sebelum diiris. Seduh dengan setengah gelas air. Tutup dan biarkan sampai hangat kuku. Saring. Ramuan ini untuk sekali minum. Lakukan setiap pagi dan sore. Catatan: Ramuan asam kawak jangan diminum oleh wanita hamil.

Mengatasi haid bau anyir

Asam kawak sebesar telur burung puyuh dicampur dengan 10 iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris dan irisan gula aren. Seduh dengan segelas air. Aduk rata. Setelah dingin disaring. Diminum 1x sehari selama haid.

Mengatasi keputihan

Asam kawak sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas dicuci, kunyit 5 cm dicuci, dikupas, sedikit gula aren. Daun asam dan kunyit dilumatkan, diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Masukkan asam dan gula. Aduk-aduk sampai gula larut. Peras dengan kain. Diminum menjelang tidur malam setiap hari.

Demikian informasi mengenai kandungan gizi dan nutrisi pada asam jawa yang memiliki manfaat untuk kesehatan, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.

Baca juga : Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Terus kunjungi situs https://deepseafishoilsoftgelgreenworld.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pada Asam Jawa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s